Jumat, 03 Juni 2011

Ferguson: Barca Pantas Dijadikan Kiblat

Liputan6.com, Manchester: Bos Manchester United Sir Alex Ferguson mengklaim klub-klub di Inggris tidak akan mampu menyamai permainan cantik ala Barcelona. Ferguson menyatakan hal itu dua hari setelah tim asuhannya dibenamkan Barcelona pada final Liga Champions di Wembley, Sabtu (28/5).

Ferguson bergabung dengan pasukannya dalam acara parade di atas bus dengan atap terbuka kemarin, Senin (30/5). Meski gagal menjuarai Liga Champions, The Red Devils mampu menjuarai liga Inggris untuk ke-19 kali yang memecahkan rekor milik Liverpool sebelumnya.

Menurut Ferguson, blueprint sepakbola di Inggris harus diubah. Satu filosofi yang harus dicontoh dari Barca yakni soal penanganan pemain muda.

Kami hanya diperkenankan menangani langsung pemain muda selama sejam dalam setengah minggu. Pelatih Barcelona bisa melakukannya setiap jam dan setiap hari jika mereka menginginkan. Filosofi itu begitu hebat dan akan sangat membantu pengembangan si pemain secara signifikan, ujar Ferguson yang tinm asuhannya dikalahkan Barca 1-3.

Di Barca, para pemain muda dilatih reguler oleh pelatih kepala yang dibantu sejumlah staf sejak usia dini. Inggris berbeda. Untuk usia 10 sampai 18 tahun, mereka hanya menerima program latihan dengan bimbingan langsung pelatih selama 2.000 sampai 3.000 jam. Sedangkan di Barca, pemain muda menerima program 8.000 jam.

Meski tidak segemerlap jika MU mampu mengalahkan Barca, Ferguson tetap antusias dalam parade kemarin. Satu komentar yang membakar semangat fans MU yakni, Apakah kalian menyaksikan perayaan ini Merseyside Merseyside merupakan kota metropolitan yang di dalamnya terdapat Liverpool

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls